Harga Ponsel Kelas Menengah Berjatuhan

Rabu, 22 Juli 2009

Apakah Anda sedang mencari ponsel pada kelas harga menengah, mulai 1 sampai 3 jutaan? Waktu yang tepat…! sekarang banyak ponsel kelas menengah sedang mengalami penurunan harga.

Secara umum pasar ponsel yang terajadi di awal Juli ini bisa dikatakan normal alias stabil. Sempat ramai di awal bulan, namun memasuki minggu kedua kemarin kunjungan pelanggan ke gerai-gerai tampak sedikit menurun.

Sementara persediaan ponsel sendiri di pertengahan bulan ini disinyalir masih tetap melimpah. Hanya beberapa tipe saja yang stoknya dirasakan sudah menurun, yaitu Nokia 6300, Nokia 5320 Xpress Music, dan Nokia 5800 Xpress Music. Tentunya masih ada tipe lainnya yang juga sudah mulai sulit didapatkan, namun jika mengacu pada tingkat permintaan maka ketiga ponsel di atas adalah yang diperkirakan akan susah dicari dan tentunya bakal diikuti kenaikan harga.

Bagi Anda yang berencana membeli ponsel bisnis, saat ini mugkin akan menjadi waktu yang tepat karena stoknya yang juga sedang banyak. Tapi sayangnya ponsel-ponsel genre kantoran ini belum mengalami penurunan yang signifikan. Terkhusus untuk Blackberry Javelin, harga smartphone yang satu ini malah naik sekitar 100ribu.

Turun harga malah banyak terjadi pada ponsel-ponsel kelas menengah, antara 1juta samapi 3jutaan. Motorola Q8 dan Q9 adalah yang secara mengejutkan melorot hingga 400ribuan dibanding dua minggu sebelumnya. Varian ponsel lainnya yang banyak terjengkang adalah tipe-tipe dari Nokia dan Sony Ericsson.

Sumber : Tabloid Sinyal

BI Meluncurkan Uang Pecahan Rupiah Terbaru

Kamis, 09 Juli 2009

Tepatnya pada hari ini tanggal 9 Juli 2009 Bank Indonesia meluncurkan pecahan uang rupiah terbaru, yaitu lembaran uang kertas bernilai Rp 2.000,- (dua ribu rupiah). Kemunculan pecahan ini patut membawa warga Kalimantan berbangga karena dalam disainnya mengangkat simbol-simbol daerah Kalimantan, yaitu Pangeran Antasari dan Tari Giring-Giring, salah satu tarian daerah kalimantan.

Terpilihnya Pangeran Antasari mewakili tokoh pahlawan dari Kalimantan adalah untuk mengenang jasa-jasa perjuangan beliau mempersatukan berbagai suku Banjar dan Suku Dayak di Kalimantan untuk bersama-sama melawan penjajah Belanda.

Sementara dipilihnya Tari Giring-Giring yang mencerminkan harmonisasi yang dinamis itu adalah untuk mewakili budaya khas suku Dayak yang tersebar di seluruh bagian Pulau Kalimantan.
(BPost)

Membuat Surat Lamaran yang Efektif

Selasa, 07 Juli 2009

Berikut ini ada beberapa tips sederhana yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran sebagaimana yang aku baca dalam buku “Sukses Mendapatkan Pekerjaan”.
1. Selalu sertakan resume pada saat mengirimkan surat lamaran.
2. Pergunakan ukuran kertas standar, biasanya ukuran A4 atau kuarto. Ukuran kertas yang lebih kecil akan lebih menunjukkan surat bersifat pribadi, sedangkan juka terlalu besar akan kelihatan aneh.
3. Jangan menggunakan kertas berwarna. Pakailah kertas putih standar.
4. Pakailah kertas biasa, keculai untuk posisi tertentu dapat memakai kertas yang lebih mahal.
5. Sebaiknya pergunakan tinta hitam.
6. Hindari surat lamaran yang terlalu panjang dan bertele-tele. Cukup satu halaman.
7. Tunjukkan bahwa kita cukup percaya diri dan benar-benar menginginkan pekerjaan itu. Namun, hindari kesan arogan.
8. Pergunkanalah kata-kata yang sopan dan hindari menggunakan istilah-istilah yang tidak biasa atau sulit dimengerti orang.
9. Jangan lupa mengecek kembali penulisan, ejaan, atau istilah yang kurang tepat. Kesalahan sekecil apa pun akan menunjukkan bahwa kita kurang profesional.

Surat lamaran sangat vital sifatnya. Dari situlah dapat terbaca seberapa besar minat kita terhadapa pekerjaan yang akan kita lamar dan seberapa kompeten kualitas diri kita untuk menduduki posisi tersebut.

Ada beberapa poin yang hendaknya diperhatikan dalam membuat surat lamaran yang baik sebagai berikut:
1. Impresif. Isi surat hendaknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu menyombongkan diri, dan tidak telalu merendahkan diri.
2. Menarik minat calon atasan. Begitu dibaca, orang langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah kriteria Anda.
3. Menyebutkan kualifikasi yang diraih.
4. Menggukan bahasa yang enak dibaca, ringkas, jelas, dan padat. Hindari pengulangan kelimat tanpa penjelasan, penggunaan kalimat tidak efektif, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. (Bila perlu, beli buku yang berisi contoh-contoh surat lamaran).
5. Apabila Anda merasa bahwa kemampuan bahasa Inggris Anda kurang baik, hindari menggunkan bahasa inggris (jika tidak diminta). Daripada ketahuan salahnya, lebih baik gunakan bahasa Indonesia saja.
6. Cantumkan tujuan dan alasan Anda melamar.
7. jangan sampai surat lamaran Anda terkesan kotor dan seadanya. Gunakan kertas yang bagus, bersih dan rapi, tidak usut, tebal serta tidak mudah robek. Hindari penggunaan tipe-x. Tinta juga jangan terlalu tipis agar mudah dibaca.
8. Menggunakan komputer. Memang ada beberapa perusahaan yang meminta agar surat lamaran ditulis dengan tangan. Tetapi jika tidak diminta, lebih baik Anda menulisnya dengan menggunakan komputer. Gunakan pula printer injet atau laser. Jangan menggunakan printer dot matrix. Dengan demikian Anda tidak terlihat buta teknologi.

Kelebihan Bank Offline

Senin, 06 Juli 2009

Ketika aku masih Praktik Kerja Industri di Bank BRI, pada bulan pertama aku di tempatkan di BRI Unit Pangeran Antasari yang letaknya dekat Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan. Pada waktu itu, Bank BRI Unit Pangeran Antasari masih offline alias belum online. Jadi jika ingin mentransfer atau menerima transfer uang, memerlukan waktu yang lama dan tidak bisa langsung sampai ketujuan pada hari itu juga.

Tapi Bank yang belum online ada kelebihannya lho!!!

Pernah terjadi peristiwa. Seorang nasabah ingin mentransfer sejumlah uang untuk pembayaran pajak hadiah. Dia menemukan sebuah kopun dalam bungkus sabun detergen yang hadiahnya berupa mobil Honda Jazz.

Nasabah tersebut bermaksud untuk memenuhi persyaratan dari kopun berhadiah itu dengan mengirimkan sejumlah uang.

Keesokannya, Nasabah itu baru sadar bahwa ada kejanggalan dari kopun yang telah ditemukannya. Soalnya kemasan detergen yang dibelinya itu tidak mencantumkan atau tidak ada tanda khusus bahwa produk itu berhadiah. Dia semakin yakin bahwa program berhadiah itu hanyalah tipuan setelah mendengar penjelasan dari Customer Service BRI bahwa kejadian itu juga pernah terjadi beberapa bulan yang lalu.

Untungnya Bank tersebut belum online. Sehingga transaksi yang belum divalidasi dapat dibatalkan. Karena untuk transfer uang lewat BRI offline memerlukan waktu 2-3 hari (kalonya tidak salah). Jadi Bank yang belum online dan Bank yang sudah online sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Definisi Ilmu Ekonomi

Sabtu, 04 Juli 2009

Ilmu ekonomi adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang sangat luas liputannya. Oleh karena itu sangatlah sukar untuk membuat definisi yang akan memberikan gambaran yang tepat mengenai analisis-analisis yang diliputi oleh ilmu ekonomi. Namun demikian ini tidaklah berarti bahwa suatu definisi yang secara ringkas menerangkan bidang studi ilmu ekonomi sama sekali tidak dapat dilakukan. Dalam usaha untuk memberi gambaran ringkas mengenai bidang studi ilmu ekonomi, definisi ilmu tersebut selalu dihubungkan kepada keadaan ketidakseimbangan di antara:
i) Kemampuan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.
ii) Keinginan masyarakat untuk mendapatkan barang dan jasa.

Dalam bagian yang terdahulu telah ditunjukkan bahwa faktor-faktor produksi tidak mampu untuk memenuhi semua kebutuhan yang wujud dalam perekonomian. Oleh sebab itu setiap individu, perusahaan atau masyarakat/negara harus selalu membuat pilihan-pilihan. Berbagai ahli ekonomi selalu mendefinisikan ilmu ekonomi berdasarkan kepada kenyataan tersebut. Sebagai contoh, Profesor P.A. Samuelson, salah seorang ahli ekonomi yang terkemuka di dunia - yang menerima hadiah Nobel untuk ilmu ekonomi pada tahun 1970 - memberikan definisi ilmu ekonomi sebagai berikut :
Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas - tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi, sekarang dan di masa akan datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.

Dengan demikian persoalan pokok yang diterangkan dalam analisis ekonomi pada hakikatnya bertujuan untuk menjawab pertanyaan berikut :
Bagaimana caranya menggunakan sumber-sumber daya atau pendapatan tertentu agar penggunaan tersebut dapat memberikan kepuasan dan kemakmuran yang maksimum kepada individu dan masyarakat?

Sumber : Pengantar Teori Microekonomi - Sadono Sukirno, SE. M.S. Sc.

 
 
 

Iklan

Info Link

 
Copyright © Kelas Ekonomi