Perubahan pada Blog

Jumat, 15 Januari 2010


Tidak semua orang suka membaca pengalaman pribadi atau curahan hati seseorang yang diterbitkan lewat weblog atau situs sejenis. Agar blog kita lebih bermanfaat, bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang yang mengunjunginya, ada baiknya kita isi blog dengan informasi yang bermanfaat dan bisa menambah wawasan pembacanya, khususnya kita sendiri.


Diawal-awal tahun ini, tepatnya tanggal 15 Januari 2010 Saya akan mengadakan perubahan pada blog Saya. Perubahan yang Saya maksud bukan merubah tampilan atau temanya tapi mengarah pada isi postingannya. Saya ingin menjadikan blog ini sebagai kadang informasi dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi pembacanya. Sehingga pengunjung tidak merasa dirugikan ketika berselancar di sini karena biaya akses internet yang digunakannya baik di warnet ataupun internet di rumah yang biaya aksesnya dihitung permenit (time base) atau perkilobyte (volume base) yang pastinya bukan paket unlimited.

Dulunya mungkin agak menipu, karena judul postingan di blog Saya terkesan seperti artikel yang informatif tapi setelah diklik, ternyata yang muncul adalah pengalaman pribadi Saya. Makanya banyak yang protes dari teman-teman.

Untuk masalah isi postingan, Saya akan menerbitkan apa yang pernah Saya dengar, yang Saya lihat, dan yang Saya baca dari berbagai media, baik lewat telivisi, internet, avpun buku dengan tetap mencantumkan asal dari mana informasi tesebut diperoleh. Semoga ada manfaatnya.

Ada Istana di Penjara

Rabu, 13 Januari 2010

Ini benar-benar memalukan, masa di dalam sel terdapat barang-barang mewah seperti di rumah pribadi. Yang lebih parahnya lagi, bukan hanya perabotan rumah yang tersedia tetapi fasilitas hiburan juga ada di sini. sebenarnya ini penjara atau istana ya?

Seharusnya penjara adalah tempat untuk membuat penjahat menjadi kapok untuk melakukan aksi kriminalnya. Ini malah dijadikan tempat yang nyaman seperti di hotel, di kos aku aja gak kayak gitu. Kalo semua penjara mempunyai fasilitas yang lengkap seperti itu, mungkin lebih baik masuk penjara kali ya? hehe.

Kasus ada istana di penjara ini memang sudah menjadi rahasia umum dan baru kali ini aja ketahuan oleh media pers. Inilah bukti lemahnya penegakkan hukum di Negara kita.

Tips Membuat Berita

Jumat, 08 Januari 2010

Tahap-tahap pembuatan berita adalah sebagai berikut:
1. Mengumpulkan fakta dan data peristiwa yang bernilai: aktual, faktual, penting, dan menarik. Dengan mengisi enam unsur berita 5W + 1H (What/apa yang terjadi, Who/siapa yang terlibat dalam kejadian itu, Where/dimana kejadiannya, When/kapan terjadinya, Why/kenapa hal itu terjadi, dan How/bagaimana proses kejadiannya).

2. Fakta dan data yang sudah dihimpun dituliskan berdasarkan rumus 5W + 1H dengan menggunakan bahasa jurnalistik, Spesifik: kalimatnya pendek-pendek, baku, dan sederhana, dan Komunikatif: jelas, langsung ke pokok masalah (straight to the poit), mudah dipahami orang awam.

3. Komposisi naskah berita terdiri atas: head (judul), date line (baris tanggal) yaitu tempat berlangsungnya peristiwa atau tempat berita dibuat plus nama media Anda, lead (teras) atau paragraf pertama yang berisi bagian paling penting atau hal yang paling menarik, body (isi) berupa uraian penjelas yang sudah tertuang di lead.

Ayo Nge-bog...!!

Senin, 04 Januari 2010

Seseorang yang rajin nge-blog atau meng-update status di jejaringan sosial seperti facebook, cenderung lebih gemar menulis. Bagi mereka yang memiliki blog dan akun jejaringan sosial lebih percaya diri dalam kemampuan menulis mereka. Mereka memiliki kemampuan menulis yang sangat baik.

Nah, bagi teman-teman yang ingin melatih kemampuannya dalam menulis kenapa tidak mencoba bikin sebuah akun blog aja? Apalagi buat kalian yang aktif di organisasi yang berhubungan dengan dunia pers. Lembaga Pers Mahasiswa misalnya, semua anggota organisasi ini diwajibkan untuk mendalami pengetahuan tentang bagaimana menjadi seorang jurnalist yang profesional. Untuk melatih potensi dibidang ini, tidak ada salahnya untuk menuangkan apa yang ada dalam pikiran kita ke dalam media elektronik seperti blog.

Bagiku blog itu merupakan buku diary elektronik yang bersifat abadi. Maksudnya bersifat abadi, blog tidak bisa robek atau hancur seperti buku diary yang terbuat dari kertas. Kecuali kita lupa password atau akun terblokir.

Buat teman-teman Jurnal Kampus Fekon Unlam Banjarmasin, Ayo nge-blog...!!

 
 
 

Iklan

Info Link

 
Copyright © Kelas Ekonomi