Ciri Kepribadian

Senin, 19 Oktober 2009

Pada penggunaan umum, orang berfikir tentang kepribadian dalam batasan ciri atau karakter seseorang yang relatif stabil (Personality Traits). Para peneliti talah menginvestigasi apakah ada ciri yanhg bisa ditalaah uji secara ilmiah. Sekalipun peneliti sudah menguji ribuan ciri selama bertahun-tahun, temuan mereka telah disaring mejadi lima dimensi umum yang menjelaskan kepribadian. Ini sering kali disebut “Lima Besar” faktor kepribadian, seperti diilustrasikan dalam peraga 15.3.9 Setiap faktor dapat mencakup rentang yang luas dari ciri spesifik. Lima Besar Faktor Kepribadian (The Big Five Personality Factors) mernerangkan ekstroversi, keramahan, kehati-hatian, kestabilan emosi, dan keterbukaan pada suatu pengalaman. Masing-masing dari kualitas ini dijelaskan di bawah :

1. Ekstroversi (extroversion) – derajat di mana seseorang suka bergaul, banyak bicara, asertif, dan nyaman dengan hubungan interpersonal.
2. Keramahan (agreebleness) – derajat dimana seseorang mampu menyesuaikan diri dengan lainnya dengan cara berbaik hati koopperatif, pemaaf, memahami, dan mempercayai.
3. Kehati-hatian (conscientiousness) – derajat di mana seseorang berfokus pada beberapa tujuan, yang ditujukkan dengan cara bertanggung jawab, dapat diandalkan, persisten, dan berorientasi pada pencapaian hasil.
4. Kestabilan emosi (emotional stability) – derajat di mana seseorang bersikap tenang, antusias, aman dan bukan tegang, gelisah, depresi, murung, atau tidak aman.
5. Keterbukaan pada pengalaman (openness to experience) – derajat di mana seseorang tertarik pada banyak hal dan imajinatif, kreatif, sensitive secara artistic, dan mau untuk mempertimbangkan ide-ide baru.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Iklan

Info Link

 
Copyright © Kelas Ekonomi