Berikut ini ada beberapa tips sederhana yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran sebagaimana yang aku baca dalam buku “Sukses Mendapatkan Pekerjaan”.
1. Selalu sertakan resume pada saat mengirimkan surat lamaran.
2. Pergunakan ukuran kertas standar, biasanya ukuran A4 atau kuarto. Ukuran kertas yang lebih kecil akan lebih menunjukkan surat bersifat pribadi, sedangkan juka terlalu besar akan kelihatan aneh.
3. Jangan menggunakan kertas berwarna. Pakailah kertas putih standar.
4. Pakailah kertas biasa, keculai untuk posisi tertentu dapat memakai kertas yang lebih mahal.
5. Sebaiknya pergunakan tinta hitam.
6. Hindari surat lamaran yang terlalu panjang dan bertele-tele. Cukup satu halaman.
7. Tunjukkan bahwa kita cukup percaya diri dan benar-benar menginginkan pekerjaan itu. Namun, hindari kesan arogan.
8. Pergunkanalah kata-kata yang sopan dan hindari menggunakan istilah-istilah yang tidak biasa atau sulit dimengerti orang.
9. Jangan lupa mengecek kembali penulisan, ejaan, atau istilah yang kurang tepat. Kesalahan sekecil apa pun akan menunjukkan bahwa kita kurang profesional.
Surat lamaran sangat vital sifatnya. Dari situlah dapat terbaca seberapa besar minat kita terhadapa pekerjaan yang akan kita lamar dan seberapa kompeten kualitas diri kita untuk menduduki posisi tersebut.
Ada beberapa poin yang hendaknya diperhatikan dalam membuat surat lamaran yang baik sebagai berikut:
1. Impresif. Isi surat hendaknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu menyombongkan diri, dan tidak telalu merendahkan diri.
2. Menarik minat calon atasan. Begitu dibaca, orang langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah kriteria Anda.
3. Menyebutkan kualifikasi yang diraih.
4. Menggukan bahasa yang enak dibaca, ringkas, jelas, dan padat. Hindari pengulangan kelimat tanpa penjelasan, penggunaan kalimat tidak efektif, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. (Bila perlu, beli buku yang berisi contoh-contoh surat lamaran).
5. Apabila Anda merasa bahwa kemampuan bahasa Inggris Anda kurang baik, hindari menggunkan bahasa inggris (jika tidak diminta). Daripada ketahuan salahnya, lebih baik gunakan bahasa Indonesia saja.
6. Cantumkan tujuan dan alasan Anda melamar.
7. jangan sampai surat lamaran Anda terkesan kotor dan seadanya. Gunakan kertas yang bagus, bersih dan rapi, tidak usut, tebal serta tidak mudah robek. Hindari penggunaan tipe-x. Tinta juga jangan terlalu tipis agar mudah dibaca.
8. Menggunakan komputer. Memang ada beberapa perusahaan yang meminta agar surat lamaran ditulis dengan tangan. Tetapi jika tidak diminta, lebih baik Anda menulisnya dengan menggunakan komputer. Gunakan pula printer injet atau laser. Jangan menggunakan printer dot matrix. Dengan demikian Anda tidak terlihat buta teknologi.
Kalender
Label
- Berita Ekonomi (3)
- Habar Banua (3)
- Hari Besar (6)
- Hukum (1)
- Ilmu Ekonomi (2)
- Ilmu Pengetahuan (4)
- Jurnalistik (1)
- Karir (4)
- Manajemen (5)
- Organisasi (2)
- Pengantar (2)
- Ramadhan (1)
- Religi (1)
- Situasi Pasar (2)
- Teknologi (5)
Membuat Surat Lamaran yang Efektif
Selasa, 07 Juli 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar